Cari Blog Ini

Kamis, 11 Mei 2017

MENGENAL BIG DATA DAN HUBUNGANNYA DENGAN MENGELOLA USAHA;



Dewasa ini, Big Data menjadi isu terbaru dalam diskusi dan pembahasan tentang bagaimana menyiapkan masa depan perusahaan baik yang berskala kecil, menengah maupun besar.  Big Data secara harafiah berarti sebuah data yang terstruktur maupun tidak terstruktur yang digunakan untuk menentukan kebijakan-kebijakan dalam bisnis dan manajemen organisasi. 

ilustrasi
Kenapa Big Data? Pertanyaan ini tidak terlepas dari pentingnya kecepatan dalam menentukan sebuah keputusan dan membuat kebijakan – kebijakan dalam mengelola perusahaan. Saban hari, kita selalu di perlihatkan tentang ulasan bagaimana kejatuhan perusahaan-perusahaan besar yang berawal dari lambatnya proses pengambilan keputusan sehingga akhirnya tertinggal oleh pesaing, yang sebelumnya dipandang sebelah mata. 

Big Data terkadang tidak disadari keberadaan dan kemampuannya dalam menciptakan sebuah konsepsi bisnis yang efektif dan efisien. Sebuah konsepsi yang sangat diperlukan oleh para peritel. Memanfaatkan big data dalam satu sistem yang terorganisir dan terkelola oleh teknologi informasi membuat pengambilan kebijakan lebih cepat, dan source yang dikeluarkan bisa lebih efisien.  

Dari manakah asal big data tersebut? Terkadang tidak kita sadari, bahwa dalam seluruh proses pembentukan perusahaan, data telah ada dalam berbagai wujud.  Mulai dari no telpon yang ada di telepon selular, alamat email rekanan, nama dan no telepon pelanggan yang complain karena tidak mendapatkan barang, no telpon supplier, catatan supplier yang paling tepat waktu dalam pengiriman barang dan sebaliknya, no telepon teman-teman yang puas berbelanja di tempat kita atau sebaliknya dan masih banyak lagi. 

Data-data ini akan terus menerus terkumpul menjadi sebuah akumulasi data besar yang tidak disadari sebenarnya adalah kekuatan. Ibarat “pikiran bawah sadar” dalam diri kita yang mestinya menjadi kekuatan besar jika kita bisa menggunakan, atau mungkin juga kekayaan alam Indonesia yang berlimpah namun karena ketidakmampuan mengelola, jadi tidak bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan kita yuks!

Apa pentingnya sih Big Data? Wah, kalau itu ditanyakan, saya akan jawab; very very important! Kompas di halaman 1 mengulas di 4 edisi sekaligus prihal bagaimana Big Data akan menghapus 11 profesi di masa mendatang, sekaligus bagaimana big data bekerja menjadi sebuah indikator utama dalam kecepatan mengambil keputusan. Perusahaan-perusahaan besar yang telah memegang megadata seperti Microsoft, Facebook Inc.,atau Gojek di Indonesia serta banyak perusahaan lain yang berbasis teknologi informasi, dewasa ini terus berkembang dan semakin massif bertumbuh dengan dukungan data yang mereka kelola dengan baik. 

Dalam skala kecil, seorang pengepul sayur dan buah dengan cekatan mengambil untung dari data petani beserta produk mereka, data harga dipasar untuk komoditas sayur dan buah, data toko fresh – restaurant – hotel dan data kebutuhan mereka. Sebuah bisnis sudah terjadi dari bagaimana mengkreasikan data tersebut.
Wah, keren ya. Nah, secara teknis Big data juga akan berkorelasi dengan hampir seluruh lini proses operasional perusahaan. Manajerial data akan mengurangi penggunaan Sumber Daya Manusia di lini yang bisa di gantikan degan sistem informasi teknologi berbasis data. Sebagai contoh, peran personal yang mengingatkan khusus prihal jadwal rapat, meeting bisnis, acara keluarga dan sebagainya digantikan oleh Kalender Acara Harian di smart phone dengan memasukkan sebelumnya data-data pendukung seperti hari, jam, agenda yang dibicarakan, tempat dan sebagainya sesuai fitur. Masih banyak lagi, bahkan ada 11 profesi yang diprediksi akan hilang dan kecepatan pengembilan keputusan bisa 10 kali lebih cepat dari pengambilan keputusan biasa dan 100 kali lebih tepat dari pengambilan keputusan berbasis instuisi. 

Penulis : I Made Abdi Negara 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar