Cari Blog Ini

Kamis, 15 November 2018

BALI BUSINESS NETWORK DORONG SDM BALI TERUS MENINGKATKAN KEMAMPUAN DIRI


~Laporan I Gede Landep Dari Diskusi Panel Kelompok Media Bali Post~

Pesatnya  kemajuan zaman menjadikan persaingan menjadi semakin ketat. Tidak dapat dipungkiri bahwa kompetisi dan gesekan akan menyertai. Ada dua hal yang bisa dilakukan dalam menyikapi kompetisi ini yaitu berdiam menerima kenyataan yang ada atau bergerak untuk melakukan perubahan. Dan untuk bisa berhasil menghadapi tantangan zaman, pergerakan dan upgrading wajib untuk dilakukan.

Hal ini disampaikan oleh I Ketut Sae Tanju selaku Direktur Bali Business Network didampingi I Gede Landep (Executive Secretary) dan Dewa Gede Jaya Rahardi dalam kegiatan Diskusi Panel tentang Ancaman Toko Modern berjaringan terhadap Toko Lokal yang diselenggarakan oleh Kelompok Media Bali Post di Denpasar.
I Ketut Sae Tanju (Direktur Executive Bali Business Network) didampingi I Gede Landep (Exc Secretary) dan Humas Dewa Gede Jaya Rahardi

Lebih lanjut, Tanju menyoroti SDM lokal yang kalah bersaing dengan SDM luar Bali dikarenakan orang Bali kebanyakan gengsi, malu dan menganggap menjadi bagian dari karyawan ritel adalah masih karyawan kelas dua. *_"Tidak bisa dipungkiri bahwa kondisinya SDM Lokal masih menganggap bekerja di Sektor ritel adalah perkejaan kelas dua. Terbukti ketika dibuka lowongan oleh usaha ritel, yang melamar itu kebanyakan SDM luar Bali dan kami sebagai user tentu memperioritaskan yang mau bekerja daripada yang kebanyakan gengsi sehingga jangan salahkan jika SDM lokal kalah jumlah dengan SDM luar"_ Tegas Tanju.

Dewa Gede Jaya Rahardi menambahkan bahwa untuk SDM lokal agar mampu bersaing dengan SDM luar wajib harus _upgrade_ diri, seperti upgrade kemampuan, kapasitas, kapabilitas,karakter dan sebagainya. Jika sudah ter - _upgrade_ maka artinya sudah siap untuk menghadapi persaingan dari luar sehingga tidak ada lagi istilah "tergusur ditanah sendiri". *"Seperti keberadaan toko modern berjaringan dimana mereka itu adalah toko yang setiap hari meng _upgrade sistem maupun manajemen sehingga ketika ekspansi berkembang begitu pesat, massif dan terstruktur, begitu juga layaknya manusia harus melakukan hal yang sama. Kalau tidak ya Kita akan menjadi penonton untuk selama - lamanya.

 Toko lokal jika mau bersaing, harus upgrade diri. Begitu juga manusia lokal jika mau memiliki daya saing tinggi, ayoo upgrade diri"

Pungkas Dewa Jaya yang juga pemilik usaha kuliner Nasi Jinggo Jaen Gati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar